Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Mengenal Diri Sendiri: Aku Seorang Introvert?

Advertisement

Mengenal Diri Sendiri: Aku Seorang Introvert?

 Berlatar belakang ingin ikut lomba penelitian ilmiah beberapa waktu yang lalu, gw jadi nyasar dan ketemu istilah “introvert”. Emang sih sering denger kata itu tapi nggak tahu pasti maksudnya apa setahu gw sih introvert tu artinya tertutup (dalam bersikap). Awalnya nggak kepikiran sama sekali tentang judul proposal yang akhirnya gw ajuin ini. Tapi menjelang H-1 dari waktu deadlinenya, secara spontan gw sama temen-temen mutusin buat ganti judul. Alesannya, judul kita yang di awal tadi hampir mirip sama punyanya kelompok lain. Huffftt... padahal itu mikirnya berhari-hari lhoh. Emang udah nebak sih ni judul mainstream banget :D
Ennnn..... akhirnya gw ngasih ide buat mengangkat judul seputar ekstrovert dan introvert. What’s that? Bicara Soal Kepribadian Introvert. Dan ternyata temen-temen gw sepuluh (lebih dari setujuh) sama ide gw. Inspirasinya dari kelas gw sendiri sob. Kelas gw tuh terkesan kayak ada 2 kubu yang beda jauh secara sifat. Satu kelompok tu rame, riuh dan bersemangat banget. Kelompok yang satunya lagi cenderung tenang, n nggak begitu banyak ngomong. Dari hipotesis gw sementara, kelas gw tu terdiri dari 2 tipe, ekstrovert dan introvert, yang keduanya berkumpul pada populasinya masing-masing sehingga kentara banget bedanya. Kalo ambivert (Ambivert tu sifatnya diantara ekstro sama intro) gw nggak tau pasti sih, soalnya tipe ambivert ini jarang, nggak yakin ada anak ambivert dari sekian puluh kepala di kelas gw.
Nah elu Pip? | Gw baek-baek aja kok, nggak usah kuaterr :D | (timpuk pake magnum) | (mupeng), haha...
Pada dasarnya nggak ada manusia yang 100% introvert atau 100% ekstrovert. Tiap manusia punya keduanya. Akan tetapi ada kecenderungan pada tiap-tiap manusia untuk menjadi pribadi yang introvert atau ekstrovert. Tergantung mana yang lebih mendominasi. Nah gw sendiri setelah nyobain test kepribadian ekstrovert dan introvert, akhirnya gw lolos :D |  et dah lu kira tes ujian masuk PTN -_- | hehe, gw ternyata tergolong tipe introvert sob.
Gw nggak tau mesti pasang muka kayak L atau kayak J . Pasalnya, pada persepsi umum, kepribadian introvert itu dipandang sebagai kepribadian yang kurang sehat. Kenapa kurang sehat? Soalnya ciri-ciri introvert itu:
Satu, doyan menyendiri. Dua, nggak begitu suka bergaul. Tiga, kebanyakan (inget, masih ada sedikitnya) introvert adalah orang yang pemalu dan pendiam. Empat, orang intovert sangat menyukai dunia pemikiran, ide dan konsep.
Emang sih, sepintas introvert itu keliatan aneh. Suka menyendiri dan tertutup, kayak orang sedih, frustasi dan semacamnya gitu ya? Padahal bukan karena itu, tapi emang menyendiri itu suatu kebutuhan mental buat orang introvert. Sebaliknya kalo mereka berlama-lama berada dalam aktivitas sosial dengan stimulus yang tinggi dari lingkungan sekitar mereka akan kehabisan energi mental.
Gitu sih yang gw baca dari review-review :D
Dan entah kenapa, gw juga nggak ngerasa takut kalo dibilang introvert biarpun awalnya gw nggak tau harus seneng ato sedih menerima kenyataan ini. Gw pikir sih nggak ada yang salah dengan kepribadian introvert. Seneng menyendiri bukan suatu kelainan bukan? Jadi, buat kalian yang juga introvert nggak perlu malu atau minder atau ngerasa harus berubah jadi ekstrovet. Tuhan emang selalu menciptakan dua hal yang berlawanan. Ada siang ada malam, ada baik ada jahat, ada utara ada selatan, dan ada introvert juga ekstrovert. Semuanya itu adalah sebagai penyeimbang bagi yang lain. Bayangin aja jika dunia ini cuma diisi sama orang-orang ekstrovert, maka nggak ada yang namanya Albert Einstein dan teori relativitas khususnya. So, what kind of you just make it enjoy guys !! :D 
Baca juga Curhatan Seorang Introvert

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait Mengenai : Mengenal Diri Sendiri: Aku Seorang Introvert?

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar